Review MV BTS "Spring Day"

12.50



BTS baru saja comeback dengan album “You Never Walk Alone”  MV barunya yaitu “Spring Day” dan “Not Today”. Kali ini aku bakal bahas mengenai MV pertama yaitu “Spring Day”. Selain review MV akan ada beberapa teori-teori juga yang aku sisipkan di tulisan ini. Seperti kita tahu menjadi Army bukanlah hal yang mudah, setiap BTS comeback kita selalu dipaksa untuk memikirkan teori teori yang sangat rumit, mulai dari MV nya atau konsep album nya, beginilah resiko jadi Army.

www.youtube.com/user/ibighit

Menjadi hal yang sudah tidak asing lagi, setiap MV BTS selalu ada intro Bighit di bagian awalnya. Penting ga penting tetep aku bahas, haha…


Langsung ke MV, di scene pertama ada V yang gantengnya kebangetan, memakai penutup kepala yang membuat dia terlihat cute. Dia berada di sebuah stasiaun kereta, dengan cuaca yang bersalju. Lalu perlahan dia berjalan ke tengah rel dan duduk berlutut, mengarahakan telinganya ke rel kereta (mungkin memperkirakan berapa lama lagi keretanya aka n datang). Entah apa maksud dari scene ini, dari beberapa teori yang aku baca V sepertinya melakukan percobaan bunuh diri. Tapi di Mv nya tidak sejauh itu.

Berlanjut ke scene berikutnya, ada golden maknae Jungkook yang sedang duduk didalam sebuah kereta, melamun menatap keluar jendela. Mungkin ini kereta yang lagi ditungguin sama V kali ya? Lalu ada Jimin yang sendirian di pantai duduk menghadap ke laut, dan perlahan dia menoleh ke belakang tersenyum. Entah apa yang dilakukan Jimin disini, yang pasti aku rasa senyumnya itu bukan senyum bahagia, seperti ada kesedihan dibalik senyumannya.

Disini mulailah Rapmon mengeluarkan suara, dan kata pertama yang sangat familiar yaitu “Bogheosipta” (rindu). Dia seperti berada di sebuah kereta, berjalan di lorongnya, lalu keluar melalui sebuah pintu dan tiba disebuah motel sepertinya, ada tulisan Omelas yang menurut teori teori yang aku baca kata omelas ini diambil dari sebuah buku yang berjudul “The One Who WalksAway From Omelas” . Disana ada Suga dan J-Hope, tapi Rapmon hanya berjalan melewati mereka dan membuka sebuah pintu lagi.

Setelah itu Rapmon masuk lagi ke sebuah lorong kereta, dia terus berjalan dan sepertinya itu adalah kereta yang tadi ditumpangi oleh Jungkook, karena terlihat baying-bayang Rapmon berjalan ketika Jungkook mengahadap ke Jendela. Lalu sampailah Rapmon pada sebuah pintu lagi dan dia membukanya. Disini aku sempet mikir, apakah Rapmon ini seorang Goblin, yang setiap buka pintu selalu berada di tempat berbeda, siapa pengantinnya???? OK ini ngawur. Di pintu yang dubuka oleh Rapmon kali ini tiba-tiba dia sudah memakai sebuah mahkota.  
Disini semua orang bahagia, sepertinya sedang merayakan ulang tahun Rapmon, itu cake nya saying malah di lempar-lempar. Kan mubazir.
Di bagian selanjutnya semua member menaiki tangga yang berputar, kecuali Jin. Dia hanya melihat member lainnya dari bawah, dan membentuk jari-jarinya seperti sedang mengambil gambar dengan kamera.
Selanjutnya Jungkook berada di depan sebuah wahana permainan, diatasnya bertuliskan “You Never Walk Alone”.  Dia berdiri sendirian disana. Dan V berjalan menyusuri rel kereta, mungkin V tadi nunggu kereta tapi ga dating-dateng jadi dia mau nyusulin aja (ini teori gw). Jimin terlihat berjalan di tepi pantai entah kemana tujuannya, yang pasti dia berjalan seperti tanpa semangat. Lalu berdirilah 3 Rap line di depan Omelas tadi. Mereka hanya menatap dalam diam.
Berlanjut dimana Rapmon yang sepertinya kelelaha setelah pesta ulang tahun lalu dia tertidur, dan si Maknae yang terkenal iseng, dai menulis sesuatu di pipi Rapmon. Lalu ada Suga yang sedang menggosok gigi nya (mungkin dia mau bobo, disana juga ada J-Hope yang menatap ke cermin entah sedang apa, mungkin pengen sikat gigi juga. Ada juga Jin yang lagi bikin tindik di telinga Jimin. Jimin terlihat agak sedikit kesakitan.
Tuh kan bener J-Hope pengen ikutan sikat gigi juga tapi sikat nya ga ada jadi dia pake tangan aja. Ok lah orang ganteng mah bebas.
Disini Jungkook ikutan tidur sambil nyender di bahu Rapmon, lalu ada V yang mengarahkan tangannya ke kamera sama seperti yang dilakukan oleh Jin sebelumnya. Jin dan V buka baju, tapi ga semuanya, lalu mereka semua tertidur, mungkin mereka lelah abis pesta.

 V tetap berjalan menyusuri rel kereta. Ini pesta ulang tahun, tapi semua member kenapa ekspresinya seperti itu melihat kembang api kecil diata cake. Lalu terlihat jimin mengambil sepasang sepatu yang ada di pinggir pantai. V dan Rapmon terlihat bahagia tertawa bersama, sementara Jin sedang menunggu cucian (disini terlihat jiwa emak-emaknya muncul). Sementar a member yang lai hanya duduk lesu. Rapmon tidur di bahu V, dan wajah V terlihat kurang senang, mungkin karena badan Rapmon berat.


Berlanjut ke scene cucian segunung, Abang Swag alias Suga ngerap dengan keren diatas tumpukan cucian segunung ini. Kece parah scene ini memang. Lalu J-Hope terlihat duduk diatas sebuah kereta dengan disinari cahaya sunset, terlihat begitu indah, ditambah dengan pengambilan gambar yang membuat hidungnya terlihat sangat sempurna.


Lalu kereta yang ditumpanginya terus berjalan, dan J-Hope terlihat memegang sebuah kapal mainan dari kertas, Jin masih sibuk denga tangan kotaknya dan jimin bingung (Sepatu siapakah ini?). Jungkook yang sebelumnya sendirian di depan wahana kina dia dikelilingai semua member, tapi hanya dia yang terdiam. Lalu terlihat Jungkook berjalan di lorong kereta mengingatkan kepada Rapmon di scene awal tadi.

Jungkook terlihat mengikuti jejak Rapmon, berjalan di lorong kereta, lalu ke motel omelas,sampai tiba di sebuah pintu dan semua member berkumpul disana berlari bersama Jungkook.Jungkook terlihat mengikuti jejak Rapmon, berjalan di lorong kereta, lalu ke motel omelas,sampai tiba di sebuah pintu dan semua member berkumpul disana berlari bersama Jungkook.

Tiba-tiba kereta yang ditumpangi Jungkook lewat dan Jungkook yang dikereta sepertinya kaget melihat kembarannya. Jungkook menutup mata dan scene kembali ke Rapmon. Jungkook terlihat sendirian menghidupkan korek api, lalu padam dan ketika dia menyalakannya kembali semua member sudah ada disana. Mungkin Jungkook adalah pengantin goblin dan member lain adalah goblin nya. 
Video kembali ke cucian segunung, dimana sekarang semua member ada disnana.
Jungkook yang sedari tadi memejamkan matanya perlahan membuka dan menyadari bahwa semua member ada disana, didalam kereta bersamanya. Jadi apa sebenarnya yang terjadi tadi? Apa mungkin itu adalah khayalan Jungkook, atau Jungkook sedang bermimpi? Entahlah. Adegan J-Hope membangunkan Jimin terlihat sangat manis.


Sepertinya mereka sampai di tujuan, Jimin mengajak semua member ikut bersamaya. Lalu mereka berjalan di hamparan luas. Ini scene yang sangat keren. Sepertinya musim akan segera berganti dari Musim dingin ke musim semi, terlihat dari hamparan salju yang sepertinya sebagian mulai mencair. Lalu mereka berjalan menuju sebuah pohon. 



Jimin memegang sepatu yang sebelumnya dia ambil di pantai, lalu terlihat semua member berdiri menghadap pohon itu. Dan ya, sepatu itu digantung diatas pohon. Dan video itu berakhir.


Jadi kesimpulan yang dapat aku ambil dari jalan cerita MV ini adalah para member BTS nganterin Jimin naik kereta buat ngegantungin sepatu di atas pohon. Kenapa semaunya menemani Jimin, ya sesuai dengan judul albumnya “You Never Walk Alone”.  Entahlah, aku bukan pemikir yang baik, kebanyakan teori-teori yang aku sebutkan juga hasil dari membaca teori-teori yang bertebaran di timeline sosmed. Tapi ada teori yang sempet aku baca menganai menggantung sepatu. Menggantung sepatu menandakan bahwa kita seperti melepas atau melupakan masa lalu dan berjalan maju, jadi seperti kita mempunyai sepatu baru dan tentunya sepatu lama yang sudah rusak atau sudah tidak cukup jangan dipakai lagi, mungkin dengan kata lain ini menandakan sebuah proses move on and life must go on.
BTS memang selalu menghasilkan karya-karya yang menarik yang kadang juga suka dibuat pusing. BTS semakin dicintai dan semakin sukses. Semoga terus seperti ini. Dukung selalu BTS ya Army.
Terakhir, sepertinya sudah banyak yang me-review tentang MV Spring Day ini, dan tentunya dengan bahasa dan teori yang bebeda juga pastinya lebih baik dari tilisan aku ini. Jadi disini aku cuma ingin berbagi informasi dan sedikit pemikiran aku saja, so masukan dan sarannya sangat aku tunggu.
Jangan lupa untuk terus streaming MV Spring Day.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Share on Facebook

Subscribe